Doa dan Nasehat untuk Mendapat Anak

Mungkin ada di antara kita
yang belum mendapat anak meski sudah bertahun-tahun menikah dan usia sudah
menjelang tua. Nabi Zakaria dan istrinya juga begitu. Mereka belum juga punya
anak meski sudah lama menikah dan usia menjelang uzur.

Namun Nabi Zakaria berdo’a
sebagaimana dikisahkan dalam Al Qur’an, surat
Ali ‘Imran ayat 38:

“Di sanalah Zakaria mendoa
kepada Tuhannya seraya berkata: “Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau
seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa” [Ali
‘Imran:38]

Transliterasi doanya sebagai
berikut: “Robbi hablii milladunka dzurriyyatan thoyyibah. Innaka sami’ud
du’aaa’”

Tak lama setelah Nabi Zakaria
mengucapkan doa tersebut, Allah mengabulkan doanya dengan memberi seorang anak:

“Kemudian Malaikat Jibril
memanggil Zakaria, sedang ia tengah berdiri melakukan shalat di mihrab.
Katanya: “Sesungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan kelahiran seorang
putera yang bernama Yahya, yang membenarkan kalimat yang datang dari Allah, menjadi
ikutan, menahan diri dari hawa nafsu dan seorang Nabi dari orang-orang yang
saleh.” [Ali ‘Imran:39]

Zakaria sampai merasa heran
karena dia sudah sangat tua sedang istrinya mandul:

Zakaria berkata: “Ya
Tuhanku, bagaimana aku bisa mendapat anak sedang aku telah sangat tua dan
isteriku pun seorang yang mandul?.” Berfirman Allah: “Demikianlah,
Allah berbuat apa yang dikehendaki-Nya.” [Ali ‘Imran:40]

Tentu saja selain berdoa kita
wajib berusaha. Saya dulu sempat khawatir juga ketika setelah baligh waktu di
SMP menderita penyakit gondongan. Saya sempat membaca (entah benar atau tidak)
kalau menderita penyakit itu setelah balligh bisa mandul. Namun alhamdulillah
ternyata Allah mengkaruniai anak.

Beberapa nasehat yang dapat saya
berikan (percaya atau tidak) adalah jika anda atau pasangan anda merokok, coba
dihentikan. Selain di bungkus rokok disebut rokok bisa mengakibatkan impotensi
dan gangguan janin, beberapa orang yang saya lihat tidak mendapat anak memang
merupakan perokok yang kuat. Memang ada juga perokok kuat yang punya banyak
anak, tapi daya tahan seseorang terhadap pengaruh rokok kan berbeda-beda.

Kemudian coba minum madu 2
sendok makan setiap pagi dan malam. Usahakan madu asli seperti Madu Pramuka
(sebab banyak ”Madu” yang palsu dari gula jawa). Ciri-ciri madu asli, semut
kurang begitu suka, kemudian jika dibuka terutama setelah dikocok (sebaiknya
jangan dikocok) dia akan berbunyi ”ploh” seperti ada gas di dalamnya. Terkadang
bahkan meluap keluar.

Sebagaimana firman Allah, madu
itu adalah obat yang dapat menyembuhkan termasuk penyakit mandul anda:

”…Dari perut lebah itu
ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat
yang menyembuhkan bagi manusia…” [An Nahl:69]

Lalu coba lari pagi agar otot
anda lebih kuat, nafas lebih panjang, dan lebih bugar. Coba anda dan pasangan
anda jika bekerja mengambil cuti, terutama pada masa-masa subur (minggu pertama
setelah haid usai) sehingga tidak mengalami kelelahan akibat bekerja.

Maaf jika agak sedikit vulgar,
namun sebagai nasehat ini cukup penting. Usahakan posisi ”sedalam-dalamnya.”
Saya tidak akan menguraikan terlalu jauh. Kalau anda belum mengerti, coba tanya
ke orang-orang terdekat anda (muhrim) yang lebih mengerti.

Usahakan sperma bisa mengalir ke
dalam dan bertemu ovum dengan mengatur posisi tubuh wanita misalnya mengganjal
dubur dengan bantal (dada lebih rendah dari dubur). Biasanya setelah sholat
Subuh merupakan waktu terbaik di mana kondisi anda benar-benar masih segar.

Anda harus berusaha setiap hari.
Jika perlu sehari 2 sampai 4 kali.

Kemudian jika ingin mengatur
apakah kita ingin anak lelaki atau perempuan, mungkin kita bisa lakukan sebagai
berikut. Memang Allah SWT yang Maha menentukan. Tapi tidak ada salahnya kita
sebagai manusia berusaha.

Dari berbagai artikel yang saya
baca, jika kita sering makan telur, maka anak yang dilahirkan kemungkinan besar
perempuan. Dan memang ketika saya mendapat anak perempuan, sebelumnya saya
makan telur hampir tiap hari (saya tidak tahu kenapa).

Kemudian jika ingin anak laki-laki,
perbanyak makan ikan dan yang asin-asin (tapi jangan berlebihan agar anda tidak
darah tinggi). Ketika ingin mendapat anak laki-laki memang sengaja saya minta
istri saya untuk sering memasak ikan. Dan di kantor juga saya memilih ikan
sebagai menu makan siang. Alhamdulillah Allah mengkaruniakan saya anak
laki-laki sehingga anak saya jadi sepasang.

Kalau menurut teorinya sih,
telur memperkuat sel sperma yang menentukan jenis kelamin perempuan, sedang
ikan memperkuat sel sperma untuk laki-laki. Mengenai kebenarannya wallahu a’lam
bish showab. Namun itulah yang saya lakukan dan saya alami.

Jika seandainya semua usaha itu
belum membuahkan hasil juga, anda bisa mengasuh anak yatim. Tidak perlu
jauh-jauh, mungkin keponakan anda sendiri atau saudara yang lainnya. Jika tidak
ada, baru anak yatim yang tidak ada hubungan keluarga dengan anda.

Pahala mengasuh anak yatim
sangat besar seperti digambarkan hadits-hadits di bawah ini:

Nabi Muhammad SAW
berkata: ”Aku dan pengasuh anak yatim (kelak) di surga seperti dua jari ini.”
(HR. Bukhari). Penjelasan: (Rasulullah Saw. menunjuk jari telunjuk dan jari tengah dan
merapatkan keduanya).

Rasulullah SAW berkata: ”Demi
yang mengutus aku dengan hak, Allah tidak akan menyiksa orang yang mengasihi
dan menyayangi anak yatim, berbicara kepadanya dengan lembut dan mengasihi
keyatiman serta kelemahannya, dan tidak bersikap angkuh dengan apa yang Allah
anugerahkan kepadanya terhadap tetangganya. Demi yang mengutus aku dengan hak,
Allah tidak akan menerima sedekah seorang yang mempunyai kerabat keluarga yang
membutuhkan santunannya sedang sedekah itu diberikan kepada orang lain. Demi
yang jiwaku dalam genggamanNya, ketahuilah, Allah tidak akan memandangnya
(memperhatikannya) kelak pada hari kiamat. (HR. Ath-Thabrani)

~ by samsira on 11 February 2008.

3 Responses to “Doa dan Nasehat untuk Mendapat Anak”

  1. ngambil dari situs lain ya pa😦

  2. syiarislam.wordpress.com/2008/02/04/doa-dan-nasehat-untuk-mendapatkan-anak/

  3. ya namanya aja koleksi mbak, kan dari mana aja…hehehe

Leave a Reply

 
