Imunisasi, Pentingkah?

Imunisasi atau vaksinasi adalah pemberian vaksin (kekebalan pasif) kepada balita atau dewasa. Bersifat pencegahan. Bila dibandingkan manfaat dan efek sampingnya, ternyata imunisasi ini membawa manfaat yang lebih besar. Sungguh ironi bila kita melihat anak kita terkena polio, padahal sudah ada imunisasinya, dan kita belum melakukannya dalam hal ini nasi sudah menjadi bubur.

Memang benar ada efek samping pada vaksinnya, tapi bila disimpan dengan benar, diberikan dengan benar dan waktu yang benar, insya Allah menjadi hal positif pada anak kita.

Pilihlah pemberi imunisasi yang terpercaya, bila perlu saudara boleh mengunjungi spesialis anak untuk memberikannya. Jangan sungkan-sungkan menanyakan perihal efek sampingnya.

Namun di lain pihak, tidak ada vaksinyangmemberikan proteksi 100%. Jadi meski sudah diimunisasi tetap masih bisa terkena suatu penyakit tetapi risikonya atau kemungkinannya jauh lebih kecil. Dan kalaupun terkena pasti lebih ringan ketimbang anak yang tidak diimunisasi. Penyakit ringan masa kanak-kanak bukan penghalang untuk imunisasi. Apalagi tanpa demam.

Mitos yang tidak benar, bahwa imunisasi tidak boleh dalam keadaan sakit meski pilek. Bila memang masih ada keraguan untuk melakukan imunisasi atau vaksinasi, alangkah baiknya jika kita modifikasi gaya hidup balita kita dengan gaya hidup sehat. Wallahu a’lam bishshawab.

Sumber : http://www.eramuslim.com/konsultasi/sht/7510141557-imunisasi-pentingkah.htm

~ by samsira on 23 January 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: