Memberikan ASI untuk Pertama Kalinya Kepada Bayi Anda

Belajar untuk memberikan ASI setelah proses melahirkan yang sangat melelahkan akan merupakan sebuah perjuangan yang cukup berat. Namun bila anda mampu bertahan dan mengikuti beberapa tips sederhana, mungkin anda akan dapat merasakan manfaatnya.

 Merupakan hal yang sangat alami dan mengagumkan melihat seorang ibu menyusui anaknya, sebuah permulaan yang merupakan pemberian terbaik bagi si bayi. Namun, walaupun bagi sebagian ibu hal tersebut terlihat mudah, tapi banyak juga yang mengalami kesulitan dalam melakukannya.

Dengan membengkaknya payudara, puting yang sakit dan tangisan bayi meminta susu, kadangkala terlihat akan lebih mudah untuk menyerah dan beralih ke susu formula. Namun bila anda, kaum ibu, dapat melakukannya dengan benar dan sabar menghadapi kesulitannya pada saat pertama kali anda melakukannya setelah melahirkan sang bayi, mungkin anda akan menerima banyak manfaat.

Dengan menyusui sendiri bayi anda, berarti anda telah memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh bayi anda, melindunginya dari berbagai macam infeksi dan yang paling penting adalah, anda telah menjalin hubungan yang sangat spesial antara anda dan bayi anda.

Persiapan Menyusui
Untuk membuat bayi anda dapat menyusu dengan baik, anda harus nyaman dan santai. Ketika duduk, pastikan punggung anda terlindungi dengan baik dengan sesuatu yang empuk dan bantal yang banyak bila anda duduknya di tempat tidur, dan mungkin anda juga memerlukan satu bantal lagi di bawah tangan anda untuk memberikan perlindungan kepada sang bayi dan mendekatkannya ke payudara anda. Dan satu lagi, kaki anda harus berpijak ke lantai untuk memastikan kestabilan posisi anda.

Anda juga dapat menyusuinya dengan posisi tidur, miringkan tubuh anda dan tinggikan kepala anda dengan bantuan bantal atau sejenisnya, lalu dekatkan bayi anda sedekat mungkin hingga mulutnya dapat menjangkau payudara anda. Lindungi punggung bayi anda dengan tangan anda atau dengan bantuan bantal, tapi ingat baik-baik, jangan sampai bayi anda kepanasan atau anda jatuh tertidur .

Sebelum memulai proses menyusui, pastikan semua yang anda butuhkan dapat terjangkau oleh tangan anda seperti minuman, makanan ringan, buku, telepon dan mungkin sebuah saputangan untuk mencegah tumpahan air susu sehingga bila sesuatu terjadi, anda tidak perlu bergerak banyak.

Menyusui dengan baik
Ketika pertama kali bayi anda menyusu kepada anda, ia akan merasakan air susu yang fungsinya menghilangkan rasa hausnya yang kemudian berlanjut menjadi ari susu yang memiliki banyak kalori yang dibutuhkan sang bayi. Bergantianlah menyusui bayi anda dari payudara yang satu ke yang lainnya untuk mencegah membengkaknya salah satu payudara anda dan sakitnya puting payudara anda. Untuk mengetahui payudara mana yang baik untuk disusui oleh bayi anda, rabalah satu per satu, payudara yang memiliki banyak susu akan terasa kencang, pilihlah payudara tersebut, namun ada baiknya bila sebelum mulai menyusui bayi anda lagi, buanglah dulu sedikit susu dari payudara yang penuh dengan susu tersebut untuk mencegah aliran susu yang terlalu kencang bila di susui oleh bayi anda karena dibeberapa kasus, hal tersebut dapat membuat bayi anda tersedak.

sumber: Your Baby First Year/Feeding, Unit 62, Sheet 2.

~ by samsira on 8 December 2007.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: