Bayi, Kenalkan Pisang dan Pepaya

TAK hanya orang dewasa yang membutuhkan buah. Bayi juga memerlukannya. Kalau begitu, kapan waktu yang tepat untuk memberikan buah pada buah hati?
Bayi sudah siap diberikan asupan buah saat bayi sudah bisa duduk dengan bantuan. Penanda lainnya, bayi sudah mulai menunjukkan ketertarikan pada makanan, dan mengontrol gerakan kepalanya dengan baik. Saat itu sekitar usia 6 bulan. Sebab, jika terlalu kecil ditakutkan akan membuatnya tersedak. Apalagi, pencernaannya masih belum sempurna.

Pada saat bayi berumur 6-8 bulan batasi dulu buah yang diberikan. Sebaiknya untuk perkenalan cukup memberikan pisang dan pepaya. “Dikerok bisa, tapi harus yang halus. Lebih bagus di blender,” kata dr Ahmad Suryawan SpA, Humas IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) Jatim. “Jangan diberi tambahan gula,” tambah Eko Dwi Martini DCN, ahli gizi RSU dr Soetomo Surabaya. Penambahan gula akan menambah kalori yang masuk ke tubuh. Padahal, karbohidrat sudah di dapat dari ASI atau susu.

Bisa juga diberikan buah jeruk atau apel dalam bentuk jus disaring. Apel dan jeruk dari kelompok yang tidak masam. “Sebaiknya ibu mencicipi dulu, untuk lebih pastinya. Jeruk Pacitan bagus karena rasanya manis,” tutur Eko Dwi. Menurut penggemar wisata kuliner tersebut, ini berkaitan dengan lambung bayi yang belum siap menerima makanan terlalu masam. “Semua jenis buah sebenarnya bisa di jus untuk asupan si kecil. Yang penting, jangan buah yang terlalu masam atau merangsang perut,” tambah Wawan, panggilan akrab Ahmad Suryawan.

Apel yang di jus, menurut Eko, tak perlu dikupas. Kulit apel kaya akan pektin yang tinggi kandungan serat dan antioksidan. Tapi, jangan lupa mencucinya di bawah air mengalir agar sisa pestisida ikut tergelontor. “Begitu juga pepaya. Walau yang dimakan dalamnya, getah dari pepaya bisa menyebabkan gatal di mulut si kecil.”

Penyajian sebaiknya menggunakan gelas dengan sedotan atau menggunakan sendok. Terutama, pisang dan pepaya. “Bisa sekaligus melatih mengunyah,” ungkap Eko. Perbandingannya, 1 buah apel ukuran 150 gram dengan pemberian air 60-120 ml.

Pengenalan buah-buahan tersebut sebaiknya satu persatu. Hal tersebut untuk mengetahui dengan cepat kemungkinan reaksi alergi. “Pisang dan pepaya relatif aman sebagai buah pengenalan,” cetusnya. (wek/nda)

Sumber : http://www.jawapos.com/index.php?act=detail_c&id=315632

~ by samsira on 4 December 2007.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: