Tak Bisa Menunggu Perubahan Besar

Untuk itu semua kita tidak bisa menunggu tibanya perubahan besar, perubahan nasional, perubahan berskala makro, perubahan yang mendasar dan struktural.
Kita tidak bisa menunggu beralihnya kepemimpinan negara agar pembaharuan menyeluruh bisa dimulai.

Kita tidak bisa menunggu usainya ribut-ribut para pemimpin yang seakan-akan sedang menjanjikan kepada kita perubahan-perubahan semacam itu.
Kita tidak bisa menunggu bersatunya komponen-komponen sejarah, kaum intelektual, organisasi-organisasi massa, institusi swadaya masyarakat, pers atau apapun, pada strata menengah, elite maupun strata bawah — yang sampai hari ini hampir semua itu belum memiliki eksistensi, kondisi, posisi dan lokasi yang kondusif untuk benar-benar siap melakukan perubahan semacam itu. Bahkan sama sekali masih belum mampu menyatukan visi, masih terus sibuk bertengkar sendiri, bersangka buruk dan saling memfitnah di antara sesama mereka.
Bahkan, dengan pelaksanaan pemilu hingga mekanisme dan kultur sidang MPR yang keterkaitannya dengan kepentingan rakyat sangat semu, dengan watak kekuasaan negara dan budaya politik yang relatif tak berubah, bahkanpun tatkala krisis moneter sudah sedemikian mencekik — kita benar-benar tidak tahu perubahan mendasar apa yang akan mungkin bisa ditempuh oleh bangsa Indonesia.

~ by samsira on 30 November 2007.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: