Shalawat: Metode Mengambil Jarak dari Kesibukan Kerja Keras Sehari-hari

Ketika kita suntuk bekerja atau melakukan sejumlah pekerjaan entah yang rutin atau yang tidak, umumnya kita mempunyai kecenderungan untuk capek, jenuh dan yang terpenting barangkali juga potensial mengidap keterasingan tertentu terhadap apa yang kita kerjakan.

Pada saat seperti itu yang kita perlukan adalah tak sekadar istirahat dan rekreasi tetapi yang terpokok adalah pengambilan jarak terhadap situasi dan keadaan semacam itu agar kita bisa lebih mengendapkan batin dan pikiran kita agar segar jiwa kita dan siap melanjutkan pekerjaan-pekerjaan kita. Demikianlah siklus wajar kemanusiaan yang dialami oleh orang.
Dalam memenuhi kebutuhan untuk rekreasi dan pengambilan jarak itu orang menempuh banyak hal mulai yang positif sampai yang negatif. Yang positif misalnya orang pergi rekreasi menikmati suasana alam di pantai atau di gunung, plesir keluar kota dan lain sebagainya. Yang negatif umpamanya orang menenggak minum-minuman keras, berjudi atau nguntal pil.
Nah, shalawat hadir sebagai salah satu pilihan yang positif, praktis, berdimensi dunia akhirat langsung, dalam memenuhi kebutuhan untuk pengambilan jarak tersebut. Meskipun tentu saja ini hanya satu sisi saja dari sekian sisi sholawat yang sudah dan akan uraisingkat dalam buku ini.
Shalawat jauh lebih positif secara medis, moral-sosial, keilmuan dan ukhrawi daripada menenggak narkoba atau bahkan dibanding nonton film sekalipun. Denga menikmati shalawat-shalawat kiat akan memperoleh kenikmatan dan kepuasan batin yang insyaallah lebih ruhaniah dan sejati. Shalawat merupakan jalan yang lebih selamat ditinjau dari berbagai sisi dan sudut.

~ by samsira on 30 November 2007.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: