Shalawat Membukakan Cara Pandang

Sesudah membukakan pintu rahasia ilmu, shalawat juga memungkinkan kita untuk memperoleh cara pandang atau yang lazim disebut perspektif. Maksudnya dengan menghikmahi sholawat kita bisa menjadikan shalawat sebagai pintu pengantar untuk merenungi segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita. Lihatlah misalnya sholawat Inna Fil Jannah.
Inna fil jannati nahran min laban, Li aliyyin wa khusainin wa khasan. Sesungguhnya di surga terdapat sungai yang terbuat dari air susu. Yang diperuntukkan bagi Ali, khasan dan Khusain.

Hasan dan Husain itu adalah putra Ali Bin Abi Thalib yang terbunuh di peperangan antar umat islam. Bahkan Sayyidina Hasan diracun oleh istrinya sendiri atas provokasi Muawwiyah. Sehingga sejelek-jelek nasib kita masih menderita sayyidina Hasan dan Husain.

Dari sholawat ini tinggal kita cari proyeksinya dalam hidup sehari-hari kita. Artinya sesungguhnya kita mempunyai potensi kehasanan dan kehusainan sendiri-sendiri di berbagai bidang kehidupan kita masing-masing. Dan kalau kita mengalami kedhoifan, kemustadhafinan, keghoriban dan kemadhluman sebagaimana yang menimpa diri Sayyidina Ali, Hasan dan Husain maka itu berarti Allah menjanjikan sungai susu di surga.

Sebagaimana dalam kasus Abu bakar menebus Bilal dari perbudakan Muawiyah maka dalam kehidupan sehari-hari, kita bisa mbatin dan mendiskusikan sekarang ini siapa Hasan dan Husain-nya, Muawwiyah-nya siapa?. Orang ini akan menjadi Hasan-husain atau Muawiyyah dan seterusnya. Demikianlah shalawat-shalawat mempunyai relevansi dengan hidup kita.

~ by samsira on 30 November 2007.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: