Rasulullah Jauh atau Dekat

Sama cara berfikirnya dengan keterangan tentang Rasulullah hadir itu khayal atau tidak, kalau kita membicarakan apakah rasulullah itu jauh atau dekat maka mata pandang dan ukuran kita bukanlah pandangan geografis dan fisik. Melainkan ruhani. Dan untuk itu kita harus mengacu pada ayat: Laqod jaakum rosulum min anfusikum azizun alaihima anittum kharishun alaikum bil mukminina raufur rakhiem. Sungguh benar-benar telah datang di tengah-tengah kalian seorang rasul dari kalanganmu sendiri, yang sangat tak tega menyaksikan penderitaan kalian, amat perhatian terhadap kalian, belas-kasih terhadap orang-orang yang percaya.

 Segera kita catat dari ayat tersebut bahwa pertama Rasulullah itu orangnya tidak tegaan. Kalau kita menderita, Rasulullah sangat ikut menderita dan bersedih. Kalau kita susah, maka Rasulullahlah yang pertama-tama turut merasakan kesusahan kita itu.
Kemudian kedua, Rasulullah itu langsung diberi oleh Allah dua sifat yang diambil dari sifat-Nya yaitu Raufur-rakhiem. Kalau umumnya kita memakai sifat Allah misalnya untuk kepentingan memberikan nama maka kita hanya diizinkan menggunakannya dengan syarat harus diimbuhi dengan misalnya kata Abdul. Misalnya Abdul Malik, Abdurrahman dan lain sebagainya. Tetapi khusus rasulullah Allah memberinya sifat kepada Rasulullah dengan dua sifat-Nya yakni Raufun-rahiem. Tentu saja Allah memahkotainya dengan dua sifat tersebut karena memang rasulullah layak menyandang dua sifat itu. Karena kepribadian Rasulullah sangat mencerminkan mutu sifat itu lebih-lebih dalam hubungannya dengan umatnya ya kita-kita ini. Jadi kedekatan rasulullah itu sedemikian dalamnya dan sedemikian ruhaniahnya.
Begitulah kualitas pribadi dan cinta Rasulullah kepada kita. Maka kita akan membicarakan soal segi tiga cinta.

~ by samsira on 30 November 2007.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: