Jalan Pamungkas Di Puncak Benci dan Dendam

Akan tetapi jika ternyata yang kita jumpai sesudah Ramadlan 1419 H ini adalah pemandangan-pemandangan yang kurang lebih sama dengan yang sudah-sudah: pertengkaran yang tak henti-hentinya, atmosfir kebencian dan dendam, nafsu untuk berkuasa sendiri di kalangan para pemimpin, sehingga rakyatnya yang merasa terus dipinggirkan dan disingkirkan kebutuhannya menjadi putus asa dan membiarkan diri mereka tenggelam dalam anarki dan amuk — maka Ikrar Husnul Khatimah ini dalam pandangan kami merupakan jalan pamungkas yang sekurang-kurangnya mungkin bisa mengurangi kadar kekisruhan psiko-politik bangsa kita.
Kalau di antara manusia sudah sedemikian rupa berlangsung situasi saling tidak percaya pada ‘kualitas’ yang sangat serius, terlebih lagi jika pangkal dan ujungnya adalah ketidakadilan sosial yang akut, serta kelaparan kekuasaan yang terlalu parah — maka boleh dikatakan sudah tidak ada jalan politik, sosial dan budaya pada skala horisontal di antara mereka. Formula terakhir yang bisa terbayangkan adalah suatu pintu vertikal yang ‘melibatkan’ Allah swt.

Demikianlah situasi kita, sekali lagi: omong apapun, orang tak percaya. Omong di manapun, di kursi pemerintahan, di forum diskusi, di podium partai, di mimbar pengajian, di lembar koran atau di layar teve, orang tak percaya. Tetapi kalau kita para hamba Allah, terutama para pemimpin masyarakat, terlebih-lebih lagi pemimpin ummat, omong di rumah Allah di hadapanNya, berikrar menyatakan pertaubatan dan menyucikan diri, berjanji menyelenggarakan perbaikan sejarah dan tidak melakukan perusakan rohani dan akhlak…semoga orang mulai percaya.

~ by samsira on 30 November 2007.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: