Dholim dan Melotot Kepada Rakyat Kecil

Apabila langkah-langkah pemerintah dalam mengatasi krisis ekonomi ini tidak disertai dengan upaya sungguh-sungguh untuk melenyapkan krisis-krisis yang lebih mendasar, kalau perlu dengan resiko mengorbankan eksistensi, harta dan kekuasaannya sendiri — maka pada hakekatnya kita akan mempersiapkan Indonesia menuju adzab Allah yang lebih besar.
Kalau kita, pemerintah dan rakyat, dalam melewati hari-harinya tidak dengan tawadlu dan taubah — maka kita harus menyiapkan diri untuk ditimpa bencana-bencana.

Kita juga harus segera menginsyafi bahwa kalau dalam bulan-bulan ini, kita melewati tetap dengan keangkuhan kepada rakyat kecil, tetap dengan mental tidak tahu diri, tidak meminta maaf sedikitpun kepada rakyat — maka bencana yang lebih besar sedang menghadang kita. Dan kemudian bersama-sama kita alami krisis moneter yang dahsyat itu sampai hari ini.

Dan kalau sampai di posisi krisis yang amat kritis ini masih juga kita bersikap tidak fair kepada rakyat, masih bersikap manipulatif terhadap asset kekayaan negara dan warganya terutama yang kakap-kakap, masih juga bersikap urik atau nakalan dengan mengorbankan rakyat kecil dan anak cucu untuk mengatasi krisis — maka kita harus juga bersiap-siap untuk menghadapi adzab Allah yang lebih besar.

Kalau sampai titik amat sangat dhaif seperti sekarang ini kita masih meneruskan oportunisme, kemunafikan, tidak cerdas dan tidak jujur dalam menilai dan menyikapi semu tidaknya lembaga-lembaga seperti MPR; tetap bersikap kerdil dalam menilai kenyataan kaum konglomerat, dan seterusnya; bahkan masih bersikap `melotot’ kepada rakyat kecil yang tidak salah apa-apa; artinya kita masih berkondisi khotamallahu `ala qulubihim wa `ala sam’ihim wa `ala abshorim ghisyawah — masih tertutup hati, buta mata dan tuli telinga — maka tidak alasan untuk menawar walahum `adzabun `adhim, tidak ada argumentasi — kecuali ampunan dan kasih sayang Allah — untuk menerima adzab dan bencana yang lebih besar.

~ by samsira on 30 November 2007.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: